Posted by: mudakir fauzi | January 27, 2009

Situ Gintung, 24 Januari 2009

The Big Family PAI C 08

The Big Family PAI C 08

Sabtu pagi handphoneku berbunyi ternyata ketua panitia menyuruhku untuk datang ke kampus. Setelah aku datang ternyata dia sendirian dan akupun menemaninya. Selang berapa lama temen-temenku datang dengan bersamaan dan akhirnya aku pulang kekostan guna untuk mempersiapkan diri sebab saat itu aku belum siap. Tepat jam 10.00 wib peserta menuju ke tempat tujuan yaitu Pulau Situ Gintung yang letaknya agak jauh dari kampus. Sesampainya disana, temen-temen beristirahat sebab tempat acaranya juga jauh dari pintu masuk. Akhirnya acara dapat dimulai tepat jam 10.30 wib. Acara baru di buka, ternyata cuaca kurang mendukung dan turunlah hujan yang agak kecil dan menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Setelah selesai hujan acara dilanjutkan dengan nyaman dan damai.

Acara diawali dengan pembukaan bacaan surat alfatihah, selanjutnya pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh salah satu anggota kelas yaitu Achmad Dzulfahmi. Beliau membacakan surat ad-dhuha dengan paseh dan tartil. Selanjutnya pembawa acara yang dipimpin oleh Rizki Alfian membacakan acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama oleh ketua panitia (Ana Mutiara Oktivani), beliau hanya dapat mengatakan beberapa kata yang intinya adalah tujuan diadakannya acara ini yakni memperkuat tali silaturrahmi dan kebersamaan temen-temen sekelas. Diadakannya tujuan tersebut dikarenakan temen-temen sekelas kurang rasa kebersamaan terutama antara pria dan wanita kurang adanya komunikasi. Selain itu juga ketua panitia telah menyiapkan sesuatu untuk tercapainya tujuan acara tersebut. Sebelum ketua panitia mengatakan hal tersebut beliau juga meminta maaf karena acaranya yang sangat lambat dari jadwal yang sudah ditentukan.

Sambutan yang selanjutnya disampaikan oleh ketua kelas (Mudzakir Fauzi), didalam sambutannya dia hanya dapat mengatakan ucapan terima kasih kepada ketua panitia yang telah mengadakan acara ini, terlebih kepada salah satu dari panitia yang telah rela waktu tidurnya digunakan untuk memikirkan terlaksananya acara yang sangat sederhana ini. Selain itu juga beliau tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu acara ini sehingga acara ini dapat terlaksana dan diharapkan acaranya semoga bermanfaat. Beliau juga berharap semoga dengan adanya acara ini tercapailah tujuan ketua panitia yakni untuk memperkuat tali silaturrahmi dan kebersamaan.

Setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan acara Laporan Penanggung Jawaban struktur kelas selama satu semester, pada acara ini diawali oleh ketua kelas. Didalam laporannya ketua kelas telah melaksanakan tugasnya sebagai ketua dikelas yaitu adil kepada anggota, mengadakan buka puasa bersama, mengadakan kajian, dan yang terakhir mengadakan acara yang sedang dilaksanakan. Namun dari program-program tersebut yang telah saya lakukan ternyata ada yang tidak terlaksana yaitu mengadakan kajian dengan alasan waktu yang tidak mendukung ketua kelas menambahi dalam laporannya. Selain itu juga ketua kelas memiliki program yang terbesar yaitu mengadakan BAKSOS kepada anak jalanan, selain mengadakan BAKSOS ketua kelas juga memprogramkan mengadakan pergantian ketua setiap pergantian semester dengan tujuan agar setiap individu anggota kelas dapat merasakan menjadi pemimpin. Oleh karenanya program-program ketua kelas yang belum terlaksana semoga dapat dilanjutkan oleh pemimpin yang akan mendatang selain itu juga ketua kelas berharap ketua kelas yang akan datang dapat lebih baik daripada ketua kelas sekarang.

Setelah ketua kelas melaporkan tugasnya selama satu semester dilanjutkan oleh sekretaris kelas. Dalam laporannya, sekretaris menjelaskan bahwasannya “saya telah membagi beberapa kelompok diskusi pada setiap mata kuliah dan program saya selanjutnya adalah membagi kelompok pada mata kuliah agar setiap individu merasakan satu kelompok dengan individu lainnya. Selain itu juga sekretaris mengharapkan kepada para anggota kelas semoga dapat menerima kelompok-kelompok yang telah ditentukannya”. Setelah sekretaris melaporkan tugasnya, dilanjutkan oleh bendahara kelas, didalam laporannya, bendahara kelas tidak melakukan korupsi sedikitpun melainkan menjelaskan pengeluaran serta pemasukkan selama satu semester dan bendahara juga mengatakan yang intinya uang kas yang terkumpul selama satu semester sebesar Rp. 205.000,00 (dua ratus lima ribu rupiah).

Setelah acara Laporan Penanggung Jawaban dari struktur kelas, ketua panitia mengadakan permainan dengan tujuan agar antara pria dan wanita dapat berkomunikasi. Oleh karenanya panitia membagi paserta berpasang-pasangan, berhubung dikelas lebih banyak pria daripada wanita, maka ada tiga pria yang tidak mendapatkan pasangan. Semua pasangan dengan asyiknya bercanda, bercakap-cakap, di tempat yang berbeda-beda.

Setelah bercakap-cakap dengan pasangannya, acara bakar ayam dilaksanakan oleh panitia. Acara ini merupakan acara istirahatnya para peserta dan yang bakar ayampun sukarelawan. Selain itu juga didalam bagian acara ini para wanita berpose dipinggir danau sedangkan para pria dengan senangnya membakar ayam-ayam yang telah disediakan oleh panitia. Acara bakar ayam menghabiskan waktu 2 jam, tepat jam 14.00 wib acara makan bersama siap dimulai. Setelah acara makan bersama, acara penukaran kado dilakukan. Dalam penukaran kado agar tidak terjadi keributan, panitia membagikan nomer kepada peserta, dan peserta harap mengambil kado sesuai dengan nomornya. Setelah semua acara terlaksana, maka semua anggota pai C 08 mengadakan poto bersama satu kelas pai 1 C 08. Inilah acara yang dibuat oleh kelas pai C 08, semoga acara ini bermanfaat dan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan oleh siapapun.

Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca. Selain itu, penulis juga meminta maaf jika dalam penulisan ini banyak kesalahan kata maupun kalimat, dikarenakan penulis masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karenanya penulis membuka lebar kritik dan saran dari para pembaca. Penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Diujung kata penulis ucapkan

Wassalamu’alaikum wr. wb


Responses

  1. Perlu dikembangkan lebih lanjut


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: