Posted by: mudakir fauzi | September 7, 2013

Belajar bukan untuk Bermain

aku masih teringat dengan ucapan teman saya, ketika dalam keadaan share bersama teman-teman. salah satu teman saya mengajak untuk bermain futsal, dan teman saya mengatakan “futsal dan cewek itu godaan, kita datang kesini ini untuk belajar, kalo ingin masih bermain, jangan disini tapi di playgroup”, dengan rileks akupun tertawa kecil dan membenarkannya.

ketika kita sudah niatkan untuk belajar, maka kurangi rasa ingin bermainnya. dengan bermain kita akan lupa belajar. dulu ada istilah bermain sambil belajar, sebenarnya istilah ini dikhususkan untuk anak-anak yang masih ingin tau rasanya belajar sehingga seorang pendidik mengkonsepnya dengan cara bermain tapi diselipkan pembelajarannya, sehingga peserta didik (anak-anak) tersebut tidak mengurangi rasa bermainnya dan guru (pendidik) tersampaikan materinya.

ucapan teman ku tadi membuat temanku yang mengajak futsal prustasi dan mengatakan kita butuh hiburan, refreshing, dan kebersamaan agar bisa belajar dengan tenang, kemudian temanku pun mengatakan ” baru sehari ajja udah pusing, inget boy masih ada 3 bulan kedepan, kalo refreshing dan hiburan kaya gini juga udah hiburan bro, saling berbagi cerita, pengalaman, dan sebagainya itu apa bukan termasuk hiburan, disini itu untuk belajar bukan untuk bermain, kalo ingin bermain ya di playgroup ajja”,ketawa pun mengiringinya.

itulah kondisi pada zamannya, ketika aku mengingat dulu sejarah orang-orang hebat mengatakan tidak ada waktu tanpa belajar, mungkin pada zamannya akan mengatakan tidak ada waktu tanpa bermain. saya bukannya kurang menyukai permainan-permainan yang sifatnya olahraga atau semacamnya. tapi yang di fokuskan adalah belajarnya. baru kenal langsung mengajak bermain, coba bayangkan kalo kita baru datang langsung bermain, mungkin yang ada di pikiran kita baru datang ajja udah bisa main, gimana nantinya,

tujuan disini untuk belajar apa lagi aku ingin sekali meneruskan study, meski aku sadar, hobi membacanya aku kurang tapi pada saat ini, aku sempatkan untuk membaca2 statement dari para tokoh terdahulu. semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: